Tuesday, June 12, 2012

The Journey



hari ini beberapa siswa lulusan sma mengikuti SNMPTN, dan beberapa calon mahasiswa sedang melakukan registrasi ulang di kampus saya. 2 hal ini membuat saya nostalgia pada 3 tahun lalu, saya yang baru lulus SMA tentunya punya ancer2 sendiri untuk memilih tempat kuliah kelak. Cita-cita saya jadi mengalami perubahan di SMA karena banyak influence sana sini. Dari yang sejak SD saya ingin jadi dokter hewan, cita-cita itu mulai goyah sewaktu SMA, saya mulai tertarik dengan IT, arsitektur, bahkan sempat melirik ilmu sosial seperti kriminolog, yang padahal kalo sekarang saya pikir2 lagi sy belum tentu kuat dengan ilmu itu. Intinya sih, saya mulai terkena demam jaket kuning di masa SMA. Jaket almamater UI begitu membekas di benak saya, kelihatan keren, kece, dan membanggakan. Saya mulai ikut bimbel untuk mempersiapkan snmptn, datang di dua hari acara bedah kampus (sayangnya tiketnya hilang), dan rajin ikut try out yang membawa nama simak ui, atau tes2 lainnya. Saya inget banget, hari H nya, minggu pagi, satu maret di Sman 1 bogor saya mengikuti tes simak ui. Dan... Rasanya sama kayak saya ngerjain soal TO seperti biasa, kebanyakan ngasalnya.

Nggak lupa, saya juga daftar PMDK IPB untuk jurusan kedokteran hewan. Sebenernya saya memang agak belagu waktu itu, terlalu silau dengan UI sampai agak males daftar masuk IPB.
well, begitu hasilnya keluar, coba tebak saya di terima di mana? Yup, saya belum diterima di manapun. Haha. Saya cuma membuka hasil pengumuman di internet dengan wajah datar. Tapi langkah saya tentu nggak sampai di situ. Beres UN saya kembali berjibaku dengan tes masuk PTN lewat UMB yang lagi-lagi saya mengincar arsitektur UI, dan tetep berjuang untuk masuk IPB dengan ikut UTM (Ujian Talenta Mandiri). UTM sendiri dulu bertujuan mencari mahasiswa dengan visi Kepemimpinan, Kewirausahaan, dan Pertanian kalo nggak salah. Itu sama sekali nggak saya banget. Dan lagi-lagi saya cuma dapet kata maaf dari monitor laptop sewaktu liat pengumuman via online.

Muka saya datar, tapi hati saya zonk. Saya nggak pernah sedih sewaktu ditolak oleh tes2 PTN itu, tapi saya selalu sedih menjelang pengumuman tes, saya ngerasa banyak ngabisin uang orang tua dengan bimbel berbulan-bulan, dan ikut tes sana sini tapi belum ada hasilnya. Ibu dan Ayah saya selalu memberi semangat, bahwa suatu saat saya pasti bisa dapet universitas yang pas buat saya. Saya sempat daftar tes untuk diploma IPB, sempat ngelirik Universitas Al-azhar di Jakarta, bahkan sempet kepikiran ikut tes diploma prodi kesehatan hewan di UGM.

Detik-detik menjelang SNMPTN saya udah pasrah dan mungkin bosan dengan latihan soal, padahal belajar saya juga nggak gila-gila banget. Saya dapet lokasi tes di SMK 3 PGRI Bogor. Selama dua hari itu saya ditunggu ibu saya bersama si mobil katanan mungil. Setiap soal yang saya kerjain, ada yang yakin, sedikit nebak, dan pasrah. Hari kemarinnya ibu saya bilang, menurut artikel di koran, siswa yang lulus SNMPTN adalah siswa yang menjawab soal dengan rata, semua bidang baik b.indo, b.inggris, Matdas, dan IPA . Padahal dari dulu saya jawab sesuka hati saya, jawaban yang paling saya yakin, nggak peduli antar mata pelajaran timpang atau nggak jumlah soal yang sudah dijawab. Saya yang sudah pasrah mencoba menbalancekan semua jawaban saya. Sama seperti saya, keluarga saya mungkin juga begitu, nggak terlalu menuntut tapi pastinya berharap.

Tiba disuatu hari minggu, saya bahkan lupa itu selang berapa minggu dari SNMPTN. Kabarnya pengumuman calon mahasiswa yang lolos SNMPTN akan diterbitkna oleh Koran. Saya yang mungkin udah bosan, dan nggak mau terlalu antusias akhirnya pergi jalan pagi dibanding dirumah menunggu datangnya Koran. Di jalan, hp saya pun bergetar dan ternyata ibu saya yang nelpon. Ibu saya memanggil saya dengan suara yang beda, antara suara haru dan bahagia. Ternyata nomor ujian SNMPTN saya tercantum di Koran dengan Kode Jurusan Kedokteran Hewan IPB. Saya masih merasa mimpi dan akhirnya buru-buru pulang untuk mencocokan nomor dengan kartu ujian saya.

Ternyata benar….. Ini luar biasa, dan unbelievable. Sayang saya ga bisa ngepost foto apa2. Sejak hari itu saya nggak sibuk lagi ngurusin soal2 tes masuk univ, dan nggak seperti kehilangan arah. Saya disibukkan dengan menyiapkan berbagai berkas untuk registrasi ulang. 

Perjuangan saya tentu nggak berakhir setelah lolos SNMPTN, rintangan di kampus, jauuuhhhh lebih banyak buat saya. Adaptasi dari tadinya pengangguran menjadi mahasiswa, ketemu temen2 baru lagi, dan belajar menjadi mahasiswa yang lebih mandiri dari pelajar tentunya.

Saya banyak mengalami jatuh bangun lagi di kampus, kadang saya sadar, kadang saya juga khilaf.
Mungkin SNMPTN adalah kado terindah untuk sweet seventeen saya. Saya tahu Allah pasti masih punya banyak hadiah lain, tinggal saya saja yang memutuskan kapan mengambil hadiahnya dan dengan cara apa. #tsahhh (sok bijak)

2 comments:

  1. Gue sedih karena gak lulus SNMPTN Farmasi UI dan lebih sedih lagi waktu nemenin sahabat SMA Gw cek kelulusan GM IPB dan gak lulus.. Akhirnya memutuskan hidup individual dan sukses selama satu tahun TPB, sukses dengan IP Asrama D.

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah ip asrama gw C, mskpun prkuliahan tpb amburadul. Suka duka pra kuliah banyak banget by

    ReplyDelete